Wardani (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071222120062 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
071222120062 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
071222120062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
071222120062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
071222120062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
071222120062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
071222120062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
071222120062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
071222120062 BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
071222120062 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
071222120062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran siklus dan model pembelajaran latihan/drill terhadap kemampuan menulis artikel. Untuk penelitian tersebut data diambil dari 64 sampel yang berasal dari 120 populasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Two Group Posttest Desain. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis artikel dalam bentuk tes esai. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,3437, sedangkan untuk kelas control adalah 66,6875. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus:to =1 21 2m m SEM MAnalisis data menggunakan uji “t” diperoleh thitung = 8,0412, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% atau 1% dengan df =(N1+N2) – 2 = (30+30) – 2 = 62. Pada tabel t dengan df 62 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65, kriteria pengujian menyatakan bahwa terima hipotesis jika ttabel< thitung> ttabel ( 2,00<8,0412>2,65,maka hipotesis penelitian yang diajukan yakni ada perbedaan hasil belajar menulis artikel dengan menggunakan model pembelajaran siklus dan hasil pembelajaran menulis artiekl dengan menggunakan model pembelajaran latihan/drill dalammeningkatkan kemampuan menulis artikel. Dan hasil belajar menulis artikeldengan menggunakan model pembelajaran siklus lebih baik dari pada hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran latihan/drill.Hal ini berarti model pembelajaran siklus lebih efektif untuk mengembangkan kemampuan menulis artikel pada siswa kelas XI SMA Swasta Gajah Mada Medan tahun pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 War e |
Keywords: | artikel; siklus; latihan diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Feb 2017 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15073 |