Barus, Selviani (2012) EFEKTIVITAS METODE IMAGE STREAMING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI I DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 20011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071222110019 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
071222110019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
071222110019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
071222110019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
071222110019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
071222110019 BAB I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
071222110019 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
071222110019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Delitua sebanyak 150 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 60 orang, 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74,17 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 67,77. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks berita kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Metode Image Streaming terhadap peningkatan keterampilan menulis cerpen remaja. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Pos-test Only Desain Group. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t . dari perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 2,04 pada taraf signifikan α = 5% dari daftar distribusi t dk (n1+n2) -2= 30+30-2 = 58. maka diperoleh ttabel = 1, 668 . Jadi, thitung > ttabel = 2,04 > 1,688. Dengan demikian, Ha diterima diterima jika ttabel< thitung> ttabel (1,668<2,04>1,688) maka hipotesis alternatif diterima. Artinya penggunaan metode Image Streaming efektif digunakan dalam kemampuan menulis cerpen.Hal ini berarti pembelajaran menulis cerpen dengan metode Image Streaming lebih efektif dibandingkan pembelajaran menulis cerpen dengan Metode Ekspositori oleh siswa kelas X SMA Muhamadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 20011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 bar e |
Keywords: | menulis; cerita pendek; image streaming |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Feb 2017 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15072 |