Purba, Perikson (2012) PENGARUH TEKNIK DESKRIPSI INTERPRETASI, DAN EVALUASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071222120041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
071222120041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
071222120041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
071222120041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
071222120041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
071222120041 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
071222120041 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Deskripsi, Interpretasi, dan Evaluasi terhap kemampuan menulis teks beritaoleh siswa kelas VIII SMP Swasta Josua Medan tahun pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 163 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan nilai yang diperoleh siswa setelah proses pembelajaran menulis teks berita.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Rumus yang digunakan adalah uji “t”.Dari pengelolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest = 64,12, standar deviasi = 9, digolongkan pada kategori baik = 20%, kategori cukup = 37,5%, kategori kurang = 27,5% dan kategori sangat kurang = 15%. Nilai rata-rata postest = 75,25, standar deviasi = 8,29 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 22,5%, baik = 42,5%, cukup = 27,5% dan kurang =7,5%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretest dan postest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahuilah t0 sebesar 5,70. selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1, yakni 40-1 = 39. Dari df 40 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 5,70 > 2,03 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik deskripsi, Interpretasi dan Evalusi berpengarauh terhadap menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 20011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Pur p |
Keywords: | deskripsi; interpretasi; evaluasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Feb 2017 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15070 |