Nainggolan, Hagai Oriza Isaura (2012) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (MPPKB) DALAM MENGANALISIS REALITA SOSIAL CERPEN ”TAMAN KEBAHAGIAAN UNTUK IBU” KARYA LEA WILLSEN OLEH SISWA KELAS VII SMP DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
05310593 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
05310593 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
05310593 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
05310593 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
05310593 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
05310593 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
05310593 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
05310593 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir dalam Menganalisis Realita Sosial Cerpen “Taman Kebahagiaan untuk Ibu” Karya Lea Willsen oleh Siswa Kelas VII SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Masalah yang diangkatdalam penelitian ini adalah kemampuan menganalisis realita sosial cerpen, “Taman Kebahagiaan untuk Ibu” Karya Lea Willsen yang menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MPPKB), kemampuan menganalisis realita sosial cerpen “Taman Kebahagiaan untuk Ibu” Karya Lea Willsen yang menggunakan Pembelajaran ekpositori, dan efektifitas Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MPPKB) dalam meningkatkan kemampuan menganalisis realita sosial cerpen “Taman Kebahagiaan untuk Ibu”Karya Lea Willsen dibandingakan pembelajaran eskpositori oleh siswa kelas VII SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Dharma Pancasila yang berjumlah 136 orang. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 50% dari jumlah populasi yang ada, yaitu 50% x 136 = 68 orang Sampel penelitian adalah 50 siswa dengan rincian 34 siswa yang menggunakan MPPKB dan 34 siswa yang menggunakan permbelajaran ekspositori. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (percobaan). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk tes penugasan. Teknik análisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan menganalisis realita sosial cerpen “Taman Kebahagiaan untuk Ibu” Karya Lea Willsen yang menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MPPKB) oleh siswa kelas VII SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 adalah baik dengan nilai rata-rata 72,79. Kemampuan menganalisis realita sosial cerpen yang menggunakan pembelajaran ekpositori adalah cukup dengan nilai rata-rata 66,91. Selanjutnya Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MPPKB) lebih efektif dibandingkan denganpembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kemampuan menganalisis realitasosial cerpen. Ini diperkuat dari hasil uji t pada tarf signifikansi 5% diperoleh nilait hitung > t tabel (0,05), yakni 3,82 > 2,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Nai e |
Keywords: | MPPKB; cerpen; pembelajaran ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15064 |