Baihaki, Irfan (2012) EFEKTIVITAS METODE NATURE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA SWASTA DHARMA BUDI SIDAMANIK TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
05310620 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
05310620 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
05310620 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
05310620 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
05310620 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
05310620 BAB I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
05310620 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
05310620 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05310620 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa SMA Swasta Dharma Budi Sidamanik dalam menulis paragraf deskripsi. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode nature learning dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kleas X SMA Swasta Dharma Budi Sidamanik Tahun Pembelajaran 2011/2012.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu membandingkan dua kelompok yakni kelompok yang diberikan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode nature learning (kelompok eksperimen) dan kelompok yang diberikan pembelajaran dengan metode resitasi (kelompok kontrol). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 240 orang. Sampel penelitian yang diambil adalah dua kelas dengan jumlah 80 orang.Gambaran rata-rata kemampuan menulis paragraf deskripsi kelompok eksperimen adalah sebesar 78,38 sedangkan rata-rata kelompok kontrol adalah 71,63. Setelah dianalisis dengan statistik “t” diperoleh harga daftar observasi sebesar 3,92. Pada taraf 5% dengan df 78 diperoleh harga ttabel 2 dan pada taraf signifikan 1% adalah 2,65. Maka thitung > ttabel. 2 < 3,92 > 2,65. Dengan demikian Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan metode nature learning lebih efektif dibandingkan kemampuan menulis paragraf deskripsi menggunakan metode resitasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Bai e |
Keywords: | Metode resiitasi; kemampuan menulis; paragaraf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 05:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15058 |