Rosmaul, Putri Rosida (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA/BUFFER. Masters thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 BAB I benar.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
12 BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
16 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia interaktif berbasis web. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah bahan ajar pokok bahasan ikatan kimia. Adapun,sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru kimia kelas XI di kota Medan, 2 orang dosen kimia umum dan dosen media Universitas Negeri Medan, dan 80 orang siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis diperoleh, aspek standar isi 4,42 adalah sangat valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan penyajian 4,13 adalah valid, artinya layak dan tidak perlu revisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji kepada siswa. Pengujian terhadap siswa menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap siswa kelas eksperimen diberikan bahan ajar kimia interaktif berbasis web yang telah dikembangkan, sedangkan siswa kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang dibawanya. Berdasarkan hasil tes diperoleh peningkatan hasil belajar (gain) siswa kelas eksperimen (61,36%) lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar (gain) siswa kelas kontrol (68,25%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.340 712 Ros p |
Keywords: | Bahan Ajar Kimia Interaktif; Web,Penelitian dan Pengembangan (R & D); Larutan Penyangga/Buffer. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Apr 2016 01:41 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1505 |