Fitrya, Inneke (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANSAMBEL CAMPURAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209142021 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
209142021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
209142021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
209142021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
209142021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
209142021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
209142021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
209142021 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
209142021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
209142021 BAB I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
209142021 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
209142021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ansambel campuran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ansambel campuran siswa kelas VII melalui pembelajaran sinektik.Browne dan Wildavsky (dalam Nurdin dan Usman, 2002:70) mengemukakan bahwa ”penerapan adalah perluasan aktivitas yang saling menyesuaikan” Dalam penerapan model pembelajaran sinektik media guru dituntut untuk mengetahui dan mampu menerapkan bagaimana media model pembelajaran sinektik dilaksanakan kepada siswa siswi untuk dapat mengetahui secara teori dan praktik tentang ansambel campuran dalam pembelajaran musik khususnya seni budaya.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas VIII-4 yang berjumlah 36 siswa. Dalam pengumpulan data teknikl digunakan tes hasil belajar, wawancara, observasi, analisis data.Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelasnya adalah 74,58. Pada siklus II nilai rata-rata kelasnya adalah 82,75, menunjukkan terjadi sebesar 8,17. Dan kelulusan secara klasikal pada siklus I mencapai 69% (25 siswa yang tuntas) sedangkan pada siklus II mencapai 86% (31 siswa yang tuntas). Dengan demikian model pembelajaran sinektik dapat meningkatkan hasil belajar ansambel campuran pada siswa kelas VIII.Dapat disimpulkan bahwa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar ansambel campuran siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/2014 adalah cara mengajar guru yang membosankan, guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa merasa bosan, malas belajar dan keadaan seperti ini menyebabkan siswa belajar secara individu dan kelompok, kurang melibatkan interaksi sosial yang dapat menimbulkan kebosanan siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar ansambel campuran siswa, dan cara meningkatkan hasil belajar ansambel campuran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/2014 adalah dengan cara menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran sinektik. Dan melalui model pembelajaran sinektik dapat meningkatkan hasil belajar ansambel campuran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 784.110 71 Fix p |
Keywords: | Pembelajaran; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Sinektik; Musik; Ansambel Musik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15021 |