Sihite, Juli Seflina (2014) PEMBELAJARAN PIANIKA PADA EKSTRAKURIKULER MUSIK SISWA KELAS VII SMP YAYASAN PERGURUAN EKA PRASETYA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2114142001 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2114142001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
2114142001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2114142001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2114142001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2114142001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2114142001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2114142001 BAB I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
2114142001 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2114142001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memainkan instrumen pianika melalui penerapan musik di Yayasan Perguruan Eka Prasetya Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VII Yayasan Perguruan Eka Prasetya Medan sedangkan Sampel penelitian ini adalah siswa kelasVII A SMP Eka Prasetya Medan, yang terdiri dari 35 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan untuk dua siklus penelitian. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif, data kualitatif diperoleh dari dari observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes teori dasar musik dan tes praktek memainkan instrumen pianika. Berdasarkan tes yang dilakukan dapat diketahui hasil belajar siswa meningkat dalam setiap tes yang dilakukan, hal ini terlihat dari data yang diperoleh pada saat pre tes persentase siswa yang tuntas dalam belajar adalah 28.57%, sedangkan pada tahap post tes pertama persentase ketuntasan belajar siswa menigkat menjadi 51.43%, sedangkan pada tahap post tes yang kedua persentase keberhasilan belajar siswa meningkat menjadi 88.57%. Hasil pengamatan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung terlihat siswa sangat termotivasi dan tertarik untuk belajar memainkan instrumen pianika setelah diterapkan metode team games tournament. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode team games tournament meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami teori musik dan memainkan instrumen pianika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 788.865 Sih p |
Keywords: | Ekstrakurikuler; Instrumen; Pianika; Pembelajaran Musik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 06:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15018 |