Sarissa, Vitrina (2014) PEMBELAJARAN REKORDER PADA EKSTRAKURIKULER MUSIK DI SMP NEGERI 2 DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
2114142002 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2114142002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
2114142002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2114142002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2114142002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2114142002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2114142002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2114142002 BAB I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
2114142002 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2114142002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memainkan instrumen rekorder melalui penerapan musik di SMP Negeri 2 Delitua.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Medan sedangkan Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi peserta ekstrakurikuler rekorder yang terdiri dari 60 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan untuk dua siklus penelitian. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif, data kualitatif diperoleh dari dari observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes teori dasar musik dan tes praktek memainkan instrumen rekorder. Berdasarkan tes yang dilakukan dapat diketahui hasil belajar siswa meningkat dalam setiap tes yang dilakukan, hal ini terlihat dari data yang diperoleh pada saat pre tes persentase siswa yang tuntas dalam belajar adalah 27.57%, sedangkan pada tahap post tes pertama persentase ketuntasan belajar siswa menigkat menjadi 52.43%, sedangkan pada tahap post tes yang kedua persentase keberhasilan belajar siswa meningkat menjadi 88.57%. Hasil pengamatan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung terlihat siswa sangat termotivasi dan tertarik untuk belajar memainkan instrumen rekorder setelah diterapkan metode team games tournament. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode team games tournament meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami teori musik dan memainkan instrumen rekorder.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 788.361 9 Sar p |
Keywords: | Ensambel Musik; Esktrakurikuler; Pembelajaran Musik; Rekorder |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 05:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15016 |