Harahap, Nurhaida (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARED DI KELAS V MIN NAGASARIBU KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA T.P. 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
NIM.8136181019 - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM.8136181019 - 02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM.8136181019 - 03 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
NIM.8136181019 - 04 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM.8136181019 - 05 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM.8136181019 - 06 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM.8136181019 - 07 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
NIM.8136181019 - 08 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
NIM.8136181019 - 09 BAB I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
NIM.8136181019 - 13 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
NIM.8136181019 - 14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
NIM.8136181019 - JURNAL TESIS.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas V MIN Nagasaribu Kabupaten Padang Lawas Utara T.P. 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian kolaboratif dengan teman sejawat untuk menciptakan kinerja sekolah yang lebih baik. Penelitian dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus dilakukan selama 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil temuan penelitian menunjukkan: 1) pada siklus I, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa sebesar 2,42 (belum aktif) dan jumlah siswa yang dinyatakan aktif belajar sebanyak 22 siswa (61,1%), setelah dilakukan tindakan siklus II rata-rata skor aktivitas belajar siswa meningkat menjadi sebesar 3,09 (aktif) serta jumlah siswa yang dinyatakan aktif belajar sebanyak 35 siswa (97,2%) atau dengan kata lain terjadi peningkatan jumlah siswa yang aktif belajar yaitu sebesar 36,1% dari siklus I ke siklus II; 2) rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (postest I) sebesar 70,89 dan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas belajar secara klasikal (kelas) sebanyak 26 siswa (72,2%), setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 82,33 dan jumlah siswa yang telah tuntas belajar secara klasikal sebanyak 34 siswa (94,4%) atau dengan kata lain terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar sebesar 22,2% dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan atau penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair shared (TPS) terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa di kelas V MIN Nagasaribu Kabupaten Padang Lawas Utara T.P. 2014/2015. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan atau menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran PKn sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.1 Har p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 07:58 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1501 |