Rahayu, Dewi Sri (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101890 DALU XA KECAMATAN TANJUNG MORAWA T.P. 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
NIM. 8136181004 - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM. 8136181004 - 02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
NIM. 8136181004 - 03 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
NIM. 8136181004 - 04 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
NIM. 8136181004 - 05 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM. 8136181004 - 06 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
NIM. 8136181004 - 07 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
NIM. 8136181004 - 08 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
NIM. 8136181004 - 09 BAB I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
NIM. 8136181004 - 13 BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
NIM. 8136181004 - 14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas V SDN 101890 Dalu XA Kecamatan Tanjung Morawa T.P. 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara terintegrasi pada bidang studi PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar APKG, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 50. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh: (1) rata-rata skor aktivitas siswa secara klasikal selama siklus I sebesar 2,31 (belum aktif) dengan jumlah siswa yang aktif belajar sebesar 59,4% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,06 dengan ketuntasan klasikal sebesar 71,9%; dan (2) rata-rata skor aktivitas siswa secara klasikal selama siklus II sebesar 3,08 (aktif) dengan jumlah siswa yang aktif belajar sebesar 93,8% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 80,88 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SDN 101890 Dalu XA Kecamatan Tanjung Morawa T.P. 2014/2015. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 34,4% yaitu persentase siswa yang aktif belajar pada siklus II (93,8%) lebih besar dibandingkan pada siklus I (59,4%) serta peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 15,6% yaitu persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II (87,5%) lebih besar dibandingkan pada siklus I (71,9%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Rah p |
Keywords: | Aktivias Belajar; Strategi Pembelajaran berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 08:00 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1498 |