Muliyadi, Rahmat (2012) TINJAUAN MUSIK PADA IRINGAN TARI GUEL DI SANGGAR CICIMPALA DI DESA BENER KELIPAH KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH NANGGROE ACEH DARUSSALAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
61222520092 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
61222520092 PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
61222520092 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
61222520092 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (788kB) | Preview
61222520092 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
61222520092 BAB I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
61222520092 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
61222520092 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
61222520092 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan musik pada iringan tari guel di Sanggar cicimpala di Desa Bener Kelipah Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah NAD.Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah berupa pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode penelitian berupa data kualitatif yang dimana data tersebut diteliti melalui pengumpulan data, dalam bentuk buku, karya tulis ilmiah maupun elektronik yang bahan materinya berdasarkan topik dari penelitian ini dan data yang berhubungan dengan judul penelitian. Penelitian ini memilih lokasi di Sanggar cicimpala di Desa Bener Kelipah Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah NAD. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei Hingga Juli 2012, dan subjek penelitian berupa pemusik dan penari sanggar cicimpala desa Bener Klipah Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah.Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang dideskripsikan secara bertahap dalam bentuk tulisan, kemudian diklasifikasikan secara kontekstual sesuai isi atau meteri data tersebut, untuk menjawab pertanyaan penelitian. Tari guel biasanya disajikan pada upacara perkawinan. Tetapi bisa juga tari guel ini, dijadikan tarian pada upacara-upacara penyambutan, misalnya pada saat upacara peresmian-peresmian, seminar atau HUT Kemerdekaan RI. Tari ini disajikan dengan tujuan menyambut undangan kehormatan. Setelah analisis dilakukan, ditemukan hasil bahwa musik iringan tari guel di bagi menjadi tiga tahap dasar yaitu awal, inti, dan penutup dimana pada tiap-tiap tahap tersebut terdapat lagi bentuk-bentuk musik seperti Kepur, Uwet, Runcang, Geruduk, Natap/Guel, Kipes, Emun Beriring dan Puter Tali. pada penyajiannya, musik iringan tari guel mengunakan lima instrument tradisional Gayo yaitu gegedem, canang, gong, soleng, dan teganing. Dalam perkembangannya musik dan tari guel kini banyak dikreasikan oleh musisi dan koreografer dalam mengkreasikan musik dan tari guel tidak tertutp kemungkinan adanya perubahan-perubahan pada musik dan tari seperti merubah pola musik, penambahan jumlah penari dan juga penambahan pada instrument musik modern.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 792.071 Mul t |
Keywords: | tari guel; masyarakat gayo; aceh |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14974 |