Panjaitan, Lestari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141070 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 7123141070 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (721kB) | Preview
4. NIM 7123141070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. NIM 7123141070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM 7123141070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 7123141070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 7123141070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7123141070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 7123141070 BAB I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
13. NIM 7123141070 BAB V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
14. NIM 7123141070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dengan melibatkan dua kelas penelitian dan memberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas penelitian tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam yang berjumlah 226 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik simple random sampling dimana sampelnya terdiri dua kelas, yaitu kelas eksperimen (X-1) dan kelas kontrol (X-3)yang masing –masing kelas terdiri dari 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 4 pilihan jawaban. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan berbeda menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas ekperimen 75,13 dengan standar deviasi 9,12. Dan nilai rata-rata kelas Kontrol 66,58 dengan standar deviasi 11,86. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 3,52 dan ttabel = 1,995. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,52 > 1,995 maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Numbered Head Together dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 025 |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran NHT; Snowball Throwing; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 08:13 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14937 |