Naibaho, Nova Juliana (2016) STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141097_COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 7123141097_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
4. NIM. 7123141097_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. NIM. 7123141097_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM. 7123141097_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 7123141097_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 7123141097_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7123141097_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9.NIM 7123141097_BAB I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. NIM 7123141097_BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 7123141097_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas
X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2015/2016. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajar menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model small group discussion siswa kelas X
SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam yang
beralamat di Jl. Tengku Raja Muda No.1 Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam yang berjumlah
226 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik random
sampling, yaitu kelas X-4 sebanyak 38 siswa dan X-6 sebanyak 38 siswa. Teknik
pengumpulan data penelitian yang digunakan yaitu observasi dan tes hasil belajar.
Dari hasil analisis data untuk kelas eksperimen 1 untuk pretes diperoleh ratarata
40,8 dan standar deviasi 13, untuk postes 80,1 dan standar deviasi 13,2.
Kemudian untuk kelas eksperimen 2 untuk pretes diperoleh rata-rata 48,3 dan standar
deviasi 12,6, untuk postes 74 dan standar deviasi 11,1. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan tingkat kepercayaan 95% α = 0,05 pada pengamatan n = 38 siswa didapat
thitung 2,404 dan ttabel 1,996. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung> ttabel
(2,404 > 1,996), dengan kata lain hipotesis diterima jika thitung>ttabel.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil
belajar yang diajar model pembelajaran small group discussion di kelas X SMA
Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 023 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Model Small Group Discussion; Hasil Belajar Ekonomi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 07:52 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14933 |