Jurrahmah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENANGANI SURAT ATAU DOKUMEN KANTOR SMK SWASTA ERIA MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141067 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 7123141067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM. 7123141067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4. NIM. 7123141067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 7123141067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM. 7123141067 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7123141067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7123141067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7123141067 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7123141067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
13. NIM. 7123141067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM. 7123141067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match dan
snowball throwing terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, untuk mengetahui
apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran make a match dan dengan model pembelajaran snowball throwing
pada mata pelajaran menangani surat atau dokumen kantor SMK Swasta Eria
Medan TP. 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 76 orang. Sampel dalam
penelitian ini yaitu kelas X AP-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 39 orang dan X
AP-2 (Eksperimen II) yang berjumlah 37 orang. Instrumen penelitian yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan
berganda yang berjumlah 20 soal dengan 4 pilihan jawaban.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I
sebesar 79,87 dengan standar deviasi sebesar 11,49. Sedangkan nilai rata-rata
kelas eksperimen II adalah sebesar 74,18 dengan standar deviasi 9,68. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf
signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,4285 dan
ttabel sebesar 1,9954. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel
(2,4285 > 1,9954) maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif
dan signifikan model pembelajaran make a match dan model pembelajaran
snowball throwing terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran make a match lebih tinggi dengan persentase
peningkatan hasil belajar sebesar 45,58% dibandingkan dengan hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan model pembelajaran snowball throwing dengan persentase
peningkatan hasil belajar sebesar 14,06% pada mata pelajaran menangani surat
atau dokumen kantor kelas X AP SMK Swasta Eria Medan T.P 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 026 |
Keywords: | Model Pembelajaran Make a Match; Model Pembelajaran Snowball Throwing; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 07:39 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14930 |