Iskandar, Hengky (2016) PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK PAB 2 HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 709141075 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 709141075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
4. NIM. 709141075 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
3. NIM. 709141075 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 709141075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
6. NIM. 709141075 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 709141075 TABLES.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
8. NIM. 709141075 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 709141075 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
13. NIM. 709141075 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 709141075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah disiplin dan lingkungan belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia pada mata pelajaran kewirausahaan T.A 2015/2016.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin dan lingkungan belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar kewiraushaan siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia Tahun Ajaran 2015/2016.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK PAB 2 Helvetia yang berjumlah 120 orang.Sampel penelitian ini adalah sejumlah 90 orang dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah korelasi dan regresi berganda untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel disiplin belajar (X1) memiliki korelasi pada taraf baik dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0.638 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung> ttabel yaitu 7,779 < 1.987. Sedangkan variabel lingkungan belajar (X2) memiliki korelasi pada taraf cukup dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0.516 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung> ttabel yaitu 5,658 < 1.987. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan F yang sebesar 32,837 yang lebih besar dari F tabel sebesar 3.10. Disiplin dan lingkungan belajar memiliki determinasi 43% terhadap prestasi belajar sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar analisa penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan Kepala sekolah, para guru dan orang diharapkan dapat menerapkan disiplin lebih intens kepada siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan juga lebih memperhatikan lingkungan belajar siswa sehingga siswa dapat belajar secara nyaman agar proses belajar siswa dapat berlangsung dengan baik, efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 038 |
Keywords: | Disiplin Belajar; Lingkungan Belajar; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 07:27 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14927 |