Gultom, Martina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 NAINGGOLAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141030 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7121141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM 7121141030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM 7121141030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM 7121141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM 7121141030 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7121141030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7121141030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 7121141030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
13. NIM 7121141030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 7121141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kewirausahaan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media handout. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Nainggolan yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik total Sampling dengan mengambil semua populasi yaitu kelas X Adm Perkantoran 1 sebagai kelas eksperimen dan X Adm perkantoran 2 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal.
Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media handout serta kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen rata-rata pre-test sebesar 33.210 dan nilai rata-rata post-test adalah 84.142 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas kontrol adalah 27.714 dan nilai rata-rata post-test adalah 76.285. nilai rata-rata gain kelas eksperimen diperoleh 0,7558 dan nilai rata-rata gain untuk kelas kontrol adalah 0,6552. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 75,58% dan pada kelas kontrol 65,52%. Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung 4,8599 dan ttabel 1,6691, sehingga hipotesis yang berbunyi ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media handout terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Nainggolan diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media handout lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 017 |
Keywords: | Hasil Belajar; Inkuiri Terbimbing; Handout. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 07:20 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14925 |