Andani, Meri (2016) HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141087 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 7123141087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. NIM 7123141087 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM 7123141087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM 7123141087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM 7123141087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7123141087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM 7123141087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7123141087 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
13. NIM 7123141087 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 7123141087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media pembelajran dan minat
belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI AP di SMK Swasta Prayatna
1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK
Swasta Prayatna 1 Medan yang terdiri dari 3 kelas yaitu AP-1, AP- 2 dan AP-3
yang berjumlah 80 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel acak
yang berjumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir angket
menggunakan rumus cronbach alpha. Teknis analisis data yang digunakan adalah
regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji determinasi (R2).
Dari hasil analisis dari antara media pembelajaran dengan prestasi belajar
pada siswa didapat dengan nilai nilai rhitung > rtabel (0,654 > 0, 361), hal ini berarti
terdapat hubungan antara media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SMK
Swasta Prayatna 1 Medan; antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa
didapat dengan nilai nilai rhitung > rtabel (0,653 > 0, 361), thitung > ttabel (3.121 >
1,6682), hal ini berarti terdapat hubungan antara minat belajar dengan prestasi
belajar siswa SMK Swasta Prayatna 1 Medan; antara media pembelajaran dan
minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar pada siswa didapat
dengan nilai rhitung > rtabel ( 0,958 > 3,61), hal ini berarti terdapat hubungan antara
media pembelajaran dan minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa SMK
Swasta Prayatna 1 Medan; dan antara hubungan media pembelajaran dan minat
belajar dengan prestasi belajar siswa didapat fhitung > ftabel (71,0438 > 3,26). Hasil
analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda: Y= 5.315+ 0,336X1 +
0,653X2 + e yang berarti semakin baik media pembelajaran dan minat belajar
siswa maka semakin baik pula prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan
yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dan minat belajar dengan
prestasi belajar siswa SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 035 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Minat Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14920 |