Siregar, Budiati (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341019 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 7123341019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
4. NIM. 7123341019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
3. NIM. 7123341019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 7123341019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
6. NIM. 7123341019 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7123341019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7123341019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7123341019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM. 7123341019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7123341019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kolaborasi model pembelajaran jigsaw dengan probing prompting memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XI AP SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas XI AP 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 orang yang diajar dengan kolaborasi model pembelajaran jigsaw dengan probing prompting dan kelas XI AP 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 40 orang yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan sebesar 43 dan setelah diajarkan dengan model pembelajaran jigsaw dengan probing prompting terdapat peningkatan hasil belajar dan rata-rata sebesar 81,875. Sedangkan rata-rata pretes siswa kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan sebesar 43 dan setelah diberikan pembelajaran konvesional sebesar 72,625. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t. Hasil perhitungan yang didapat menunjukkan bahwa thitung = 4,74 > ttabel = 1,994, maka dalam hal ini hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kolaborasi model pembelajaran jigsaw dengan probing prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/2016 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 037 |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw; Probing Prompting; Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 03:58 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14915 |