Sidiq, Fadhil (2015) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MIN (MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI) SE-KOTA BANDA ACEH. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di MIN se-Kota Banda Aceh. Permasalahan yang diperoleh dari penelitian ini adalah masih minimnya sosialisasi dan pelatihan yang diberikan kepada guru, masih kurang optimalnya guru dalam proses pelaksanaan kurikulum 2013, dan penilaian yang dianggap masih sangat sulit. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV di 3 madrasah yang berbeda yaitu guru kelas IV di MIN Banda Aceh, guru kelas IV di MIN Rukoh Banda Aceh, dan guru kelas IV di MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 masih belum optimal. Hal ini terlihat dari masih minimnya sosialisasi dan pelatihan yang diberikan oleh guru sehingga pemahaman dan proses pelaksanaan kurikulum 2013 belum optimal berjalan dengan semestinya. Buku guru dan buku siswa yang sudah disediakan oleh Pemerintah sebagai pegangan guru dan siswa dalam pembelajaran masih harus direvisi ulang dikarenakan masih sangat mendasar materi yang ada di dalam isi buku tersebut, hal itu terlihat masih ada beberapa guru yang menggunakan buku KTSP sebagai pelengkap penguatan materi dalam proses pembelajaran. Selanjutnya penilaian yang masih sangat rumit dianggap oleh guru mulai dari proses mengamati sampai akhir pembelajaran. Pengelolaan alokasi waktu yang juga masih sangat terbatas sehingga penilaian masih kurang efektif dalam pelaksanaanya. Hasil analisis data di atas menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 dikategorikan masih belum siap.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sid a |
Keywords: | Penelitian Kualitatif; Kesiapan Guru; Implementasi Kurikulum 2013. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 08:03 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1491 |