Manalu, Yenni Theresia (2016) PENGARUH KEPEDULIAN ORANGTUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI KELAS X SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123342044 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 7123342044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
4. NIM. 7123342044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM. 7123342044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 7123342044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 7123342044 TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. NIM. 7123342044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 7123342044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM. 7123342044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
13. NIM. 7123342044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7123342044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepedulian orangtua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X SMK Negeri 6 Medan T.P. 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan Tahun Pemebelajaran 2015/2016 bulan Mei 2015 dengan jumlah populasi 113 siswa dan sampel 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportional sample dan sample random. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, kuesioner,dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, dan uji F.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 22 diperoleh persamaaan regresi linier berganda Y = -4.230 + 0,516X1 + 0, 572X2. Nilai didapat dari perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada X1, nilai thitung = 3,145 dan nilai sig sebesar 0,004 pada α = 0,05. Sedangkan untuk nilai nilai ttabel = 1,697. Karena thitung > t tabel yaitu 3,145 > 1,697 dan nilai sig 0,004 < 0,05 maka hipotesis yang menyatakan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kepedulian orangtua (X1) dengan prestasi belajar akuntansi (Y) kelas X SMK Negeri 6 Medan dapat diterima. Pada X2, thitung = 3,104 104, nilai sig sebesar 0,004 pada taraf α = 0,05 dan nilai t tabel sebesar 1,697. Karena thitung > ttabel yaitu 3,104 > 1,697 dan nilai sig 0,004 < 0,05 maka hipotesis yang menyatakan ada hubungan yang positif dan signifikan antara proporsi waktu belajar (X2) dengan prestasi belajar akuntansi (Y) kelas X SMK Negeri 6 Medan dapat diterima. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 76,686, nilai signifikan 0,000 pada taraf 0,05, Ftabel = 3,35. maka diketahui bahwa Fhitung > Ftabel = 76,686 > 3,35. Maka dari hasil perhitungan di atas hipotesis yang menyatakan ada pengaruh kepedulian orangtua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X SMK Negeri 6 Medan T.P. 2015/2016 dapat diterima. Dengan koefisien determinasi secara keseluruhan sebesar 83,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 090 |
Keywords: | Kepedulian Orangtua; Proporsi Waktu Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 02:59 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14907 |