Nababan, Pahot M. E (2015) PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PAIKEM BERBANTUAN MEDIA PAJANGAN KELASPADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060843 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan, Persetujuan dan Lembar tidak plagiat.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. Bab I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
10. Bab V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
11. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Daftar TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk untukmengetahuiseberapabesarpeningkatkanaktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui PAIKEM berbantuan media pajangan di kelas IV SD Negeri 060843 Medan. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya aktivitas belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa karena guru masih lebih banyak menggunakan ceramah (konvensional) yang selalu berpusat pada guru (teacher centered).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060843 kecamatan Medan Barat pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui Alur Adaptasi Kemmis dan Taggartyaitu 1) Perencanaan(planning), 2) Pelaksanaan(acting), 3) Observasi, dan 4) Refleksi(reflection).Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan jumlah siswa 39 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan menggunakan observasi (pengamatan) aktivitas siswa dan guru. Analisis data menggunakan tekhnik kuantitatif dan tekhnik kualitatif dengan mengaitkan data yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswadengan menerapkan PAIKEM berbantuan Media Pajangan pada Siklus I, pertemuan I dan pertemuan II melalui aktivitas PAIKEM dimana aktif 5.57%, inovatif 8.34%, kreatif 2.22%, Efektif 12.50% dan Menyenangkan naik 12.50%. Pada siklus II peningkatan yang di dapat pada aktif naik 5.17%, inovatif 2.17%, kreatif 7.69%, Efektif 2.56% dan Menyenangkan naik 12.50% . sedangkan aktifitas guru dari setiap siklus terlihat juga meningkat. Hasil belajar pada Siklus I terdapat sebanyak 17 orang siswa (sebesar 43,58%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 22 orang siswa (sebesar 56,41%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 62,69. Siklus II terdapat sebanyak 35 orang siswa (sebesar 89,74%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 4 orang siswa (sebesar 10,25%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 79,23. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa penerapan PAIKEM berbantuan Media Pajanganpada Mata Pelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di Kelas IV SD Negeri 060843 Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Nab p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Pembelajaran PAIKEM; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 08:03 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1490 |