Anggraini, Dwi Atika (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WHO WANTS TO BE AN ACCOUNTANT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA ISTIQLAL DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7123142015 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
02. NIM. 7123142015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
03. NIM. 7123142015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
04. NIM. 7123142015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
05. NIM. 7123142015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
06. NIM. 7123142015 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM. 7123142015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
08. NIM. 7123142015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
09. NIM. 7123142015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. NIM. 7123142015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 7123142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan menggunakan media pembelajaran Who Wants To Be An
Accountant berbasis game edukatif lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi
yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran pada siswa kelas XI IPS di
SMA Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Istiqlal Delitua beralamat di jalan
Stasiun No.1A, Suka Makmur, Delitua. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 86 siswa.
Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Simple Random Sampling,
yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas
XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini
adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian untreated design with pretestand
posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan
berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang
sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas,
reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu dengan menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji
homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika
thitung > ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pretes kelas eksperimen
adalah sebesar 43,5 dan kelas kontrol adalah 44,17. Dan nilai posttes kelas
eksperimen adalah 75,17 dan kelas kontrol adalah 63,83. Hasil uji thitung adalah
4,57 sedangkan ttabel = 2,002 dengan thitung > ttabel ( 4,57 > 2,002) sehingga Ha
diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan menggunakan media pembelajaran Who Wants To Be An
Accountant berbasis game edukatif lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi
yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran pembelajaran pada siswa
kelas XI IPS di SMA Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 078 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Media Pembelajaran; Game Edukatif;Who Wants To Be An Accountant |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 08:36 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14884 |