Simatupang, Rita Sari (2015) STUDI DESKRIPTIF PENGEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK AL-IKHLAS PADANG BULAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8116182021 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 8116182021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
3. NIM. 8116182021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM. 8116182021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM. 8116182021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 8116182021 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 8116182021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8. NIM. 8116182021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM. 8116182021 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM. 8116182021 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
14. NIM. 8116182021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahasa dan kemampuan bahasa anak usia dini.
Metode Penelitian ini adalah kualitatif yang dilakukan di TK Al-Ikhlas Padang Bulan Medan yang memiliki keberhasilan dalam pengembangan kemampuan membaca dengan subjek penelitian 3 guru kelas B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan dan menyimpulkannya. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan pedoman wawancara untuk memperoleh data pengembangan bahasa & kemampuan bahasa anak usia dini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahasa lisan dan tulisan yang dilakukan guru berdasarkan tema dengan menggunakan metode cantol secara sistematis. Penggunaan metode cantol dengan teknik bawah ke atas dengan memberikan stimulus rekognisi secara bertahap dari a- a- a, ba- ba- ba, wa-wa-wa , nga- ngi- ngu dan nya-nyi-nyu. Penerapan metode cantol dilakukan pada apersepsi dan pada waktu membaca buku ‘Bacalah’. Kemampuan bahasa lisan anak menunjukkan anak-anak dapat menyebutkan bunyi-bunyi tertentu, anak dapat melakukan 2 – 3 perintah, menerka ciri-ciri benda yang disampaikan guru, menyebutkan kelompok gambar, mengekpresikan ide dan menyampaikan aturan permainan . Kemampuan bahasa tulisan murid kelas B pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014 tercatat 6 anak yang masih pada buku bacalah jilid 2 selebihnya sudah sampai pada buku cerita. Kemampuan menulis anak sudah dapat menulis namanya sendiri, nama benda yang digambarnya walaupun satu dua huruf kadang-kadang kurang tepat.
Kemampuan membaca bukanlah tujuan akhir dari pengembangan bahasa di TK, gemar membaca adalah hal yang harus ditanamkan sejak dini dengan memadukan pengembangan bahasa lisan dan tulisan dengan bercerita, bermain dan media yang menarik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Perkembangan Bahasa; Kemampuan Membaca; Metode Pembelajaran membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 08:02 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1488 |