Siburian, Meriana (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PEMBERIAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA SWASTA PRIMBANA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123342023 COVER.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
2. NIM. 7123342023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
3. NIM. 7123342023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM. 7123342023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 7123342023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 7123342023 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 7123342023 GRAPH.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7123342023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9. NIM. 7123342023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM. 7123342023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM 7123342023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
dikelas XI SMA Swasta Primbana Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning
Dengan Pemberian Handout Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Swasta
Primbana Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Primbana Medan yang
beralamat di Jln. Abdul Haris Nasution No.45, Medan Johor, Kota Medan.
Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 55 orang.
sampel yang digunakan, kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2
sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 25 orang. Tehnik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan berganda yang
berjumlah 20 soal. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas
menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, Uji hipotesis
dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung > t tabel
pada α = 0,05
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest
X = 46,4; SD = 10,05 dan postes X = 73 ; SD = 8,66. Sedangkan kelas kontrol
pretes X = 37; SD = 10,99 dan postest adalah X = 60,8 ; SD = 8,62. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data
perhitungan hipotesis thitung sebesar 3,80 sedangkan ttabel = 1,684. Hasil pengujian
hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3, 80 > 1,684 sehingga Ha
diterima dan Ho ditolak.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan pemberian
Handout terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Swasta Primbana
Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 084 |
Keywords: | Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning; pemberian Handout; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 07:33 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14874 |