Hutabarat, Friska Harumnia (2016) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123312010_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 4123312010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
4. NIM. 7123141052_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
3. NIM. 7123141052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 7123141052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. NIM. 7123141052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 7123141052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
8. NIM. NIM. 7123141052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 7123141052_BAB I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
13. NIM. 7123141052_BAB V.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
14. NIM. 7123141052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya konsep diri dan motivasi
berprestasi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
pengaruh konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi
baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pancur Batu dengan populasi
sebanyak 36 orang siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, angket dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan
uji validitas dan uji reliabilitas yang dilakukan menggunakan aplikasi software
SPSS 20.0. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji
linearitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis,
yaitu: uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan aplikasi software SPSS 20.0
Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial konsep diri memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai =
7,109 > = 1,69 pada taraf signifikansi 95% , motivasi
berprestasi memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa
dengan nilai = 8,408 > = 1,69 pada taraf signifikansi 95%
. Hasil uji F menunjukkan bahwa konsep diri dan motivasi berprestasi
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa
dengan nilai = 48,356 > = 3,28 dengan nilai signifikansi 0,00 ≤
0,05. Hasil perhitungan regresi berganda adalah Y = 35,551 + 0,308 + 0,237
dengan koefisien determinasi sebesar 74,6%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan konsep
diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa baik secara
parsial maupun simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 009 |
Keywords: | Konsep Diri; Motivasi Berprestasi; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 03:22 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14853 |