Hidayah, Annazmy (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMAN 1 KUALUH SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141011 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 7123141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
4. NIM. 7123141011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
3. NIM. 7123141011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 7123141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 7123141011 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7123141011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 7123141011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7123141011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
13. NIM. 7123141011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
14. NIM. 7123141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMAN 1 Kualuh Selatan Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kualuh Selatan yang beralamat di Jl. Lintas Sumatra Labuhanbatu Utara. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 133 orang siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Sampel ini diambil dengan cara Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon dan kelas XI IPS-3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 0rang yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, varians dan Standar Deviasi, Uji Normalitas, Uji Homogenitas data dan pengujian Hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon adalah pre-test sebesar 52,65, standar deviasi = 13,31 dan post-test sebesar 79,21, standar deviasi 12,18, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional adalah pre-test sebesar 53,23, standar deviasi = 14,76 dan post-test sebesar 64,70, standar deviasi = 10,65. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh > yaitu 6,14 > 1,67pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05
Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMAN 1 Kualuh Selatan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 042 |
Keywords: | Media Animasi Powtoon; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 03:08 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14850 |