Pasaribu, Mayani Pratiwi (2016) PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI MA NEGERI 3 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341066 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 7123341066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (979kB) | Preview
3. NIM. 7123341066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM. 7123341066 PREFACE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM. 7123341066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 7123341066 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7123341066 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 7123341066 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7123341066 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
13. NIM. 7123341066 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
14. NIM. 7123341066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di MA Negeri 3 Medan T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 65 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda dan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji F) serta menggunakan koefisien determinasi. Sebelum diakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan kolmogorof smirnov pada program SPSS 20.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda Y = 32,957+ 0,120X1 + 0,547X2. Secara parsial Ekstrakurikuler Pramuka (X1) dengan Prestasi Belajar (Y) diperoleh t hitung > t tabel (2,374 > 1,669) dan sig. Probabilitas 0,021 < 0,05, hal ini berarti Ho1 ditolak dan Ha1 diterima yang menjelaskan bahwa variabel Ekstrakurikuler Pramuka (X1) secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y) dan untuk Minat Belajar (X2) dengan Prestasi Belajar (Y) diperoleh t hitung > t tabel (7,377 > 1,669) dan sig. Probabilitas 0,000 < 0,05, hal ini berarti Ho2 ditolak dan Ha2 diterima yang menjelaskan bahwa variabel Minat Belajar (X2) secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Dan untuk uji F diperoleh
>
(33,042 > 3,15) dan sig. Probabilitas 0,000 < 0,05, hal ini berarti Ho3 ditolak dan Ha3 diterima yang menjelaskan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Ekstrakurikuler Pramuka (X1) dan Minat Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: Ada pengaruh positif dan signifikan antara Ekstrakurikuler Pramuka dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di MA Negeri 3 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 041 |
Keywords: | Ekstrakurikuler Pramuka; Minat Belajar;Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 03:04 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14849 |