Siregar, Lisa Novianti (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMAN 1 SELESAI KAB. LANGKAT T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341064 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 7123341064 COVER APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
3. NIM 7123341064 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM 7123341064 TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 7123341064 PREFACE.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. NIM 7123341064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM 7123341064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 7123341064 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM 7123341064 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM 7123341064 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM 7123341064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh motivasi belajar
terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi
belajar ekonomi, 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin
belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Selesai
T.P 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Pengambilan
sampel dilakuka dengan teknik Total Sampling.
Penelitian ini adalah penelitian Expos Facto, dimana untuk mendapatkan
data penelitian digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan
hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel motivasi belajar
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang
ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (6,902 > 1,66071), dan variabel variabel
disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar
ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (3,282 > 1,669). Sedangkan
dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa motivasi belajar
dan disiplin belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar
ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (69,670 > 3,15).
Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh R2 sebesar 0,590 yang artinya
disiplin dan motivasi belajar sebesar 59% dapat menjelaskan prestasi belajar
ekonomi dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam
penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan
signifikan motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi
siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Selesai T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 075 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Disiplin Belajar;Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 04:41 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14834 |