PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 ADIANKOTING TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Aritonang, Wira Devina (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 ADIANKOTING TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7123141157 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7123141157 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7123141157 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7123141157 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7123141157 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7123141157 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7123141157 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7123141157 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7123141157 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7123141157 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7123141157 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7123141157 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7123141157 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7123141157 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7123141157 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7123141157 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7123141157 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7123141157 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7123141157 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7123141157 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7123141157 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7123141157 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi
siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
ekonomi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dengan tipe TGT pada kelas X di SMA Negeri 1
Adiankoting T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Adiankoting yang beralokasi di
jln. Tarutung-Sibolga Km.25. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen
dengan populasi penelitian seluruh kelas X yang terdiri dari 4 kelas yang
berjumlah 137 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan
simple random sampling dimana Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen I dengan
model STAD dan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen II dengan model TGT.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajara ekonomi siswa yaitu tes
dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah
diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan
daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji
F dan uji-t.
Dari hasil penelitian ini ditentukan data post test nilai rata-rata hasil
belajar ekonomi siswa kelas STAD sebesar 60,43 lebih rendah daripada nilai ratarata
hasil belajar ekonomi kelas TGT sebasar 73,57 dan pengujian hipotesis
dengan menggunakan uji-t terhadap kedua post test. Berdasarkan pengujian
hipotesis, diperoleh yaitu thitung < ttabel (-4,032 < 1,997) pada α = 0,005 bahwa
terdapat perbedaan yang negatif dan signifikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi dengan
menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)
lebih rendah dibandingkan dengan model pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) pada kelas X di SMA Negeri 1 Adiankoting T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 EKO 014
Keywords: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions; Model Pembelajaran Teams Games Tournament; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:15
Last Modified: 25 Aug 2016 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item
View Item