Aritonang, Wira Devina (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 ADIANKOTING TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141157 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7123141157 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
3. NIM 7123141157 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
4. NIM 7123141157 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM 7123141157 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7123141157 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7123141157 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7123141157 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7123141157 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM 7123141157 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
14. NIM 7123141157 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi
siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
ekonomi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dengan tipe TGT pada kelas X di SMA Negeri 1
Adiankoting T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Adiankoting yang beralokasi di
jln. Tarutung-Sibolga Km.25. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen
dengan populasi penelitian seluruh kelas X yang terdiri dari 4 kelas yang
berjumlah 137 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan
simple random sampling dimana Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen I dengan
model STAD dan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen II dengan model TGT.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajara ekonomi siswa yaitu tes
dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah
diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan
daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji
F dan uji-t.
Dari hasil penelitian ini ditentukan data post test nilai rata-rata hasil
belajar ekonomi siswa kelas STAD sebesar 60,43 lebih rendah daripada nilai ratarata
hasil belajar ekonomi kelas TGT sebasar 73,57 dan pengujian hipotesis
dengan menggunakan uji-t terhadap kedua post test. Berdasarkan pengujian
hipotesis, diperoleh yaitu thitung < ttabel (-4,032 < 1,997) pada α = 0,005 bahwa
terdapat perbedaan yang negatif dan signifikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi dengan
menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)
lebih rendah dibandingkan dengan model pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) pada kelas X di SMA Negeri 1 Adiankoting T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 014 |
Keywords: | Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions; Model Pembelajaran Teams Games Tournament; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 04:15 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14830 |