Siagian, Jesenia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASILBELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.7121141022.COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2.Nim.7121141022.LEMBAR PERNYATAAN DAN PENGESAHAN..pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
4.NIM.7121141022.ABSRTAK.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
3.NIM.7121141022.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM.7121141022.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6.NIM.7121141022.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7.NIM.7121141022.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.NIM.7121141022.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9.NIM.7121141022.BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13.NIM.7121141022.BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14.NIM.7121141022.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ekonomi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 10 Medan yang berlokasi di Jalan Tilak No 108 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 233 orang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive sampling dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 35 orang dengan jumlah total 70 orang. Tehnik pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Tes yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang dikutip dari buku panduan kelas X yang dianggap sudah valid dan reliable, maka tidak perlu diujicobakan.
Hasil analisa data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test kelas Eksperimen sebesar 81 dan SD = 10,76. Sedangkan nilai rata-rata post test kelas Kontrol sebesar 68,86 dan SD = 13,009. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (4,25< 1,99), maka hipotesis diterima .
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Medan T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 062 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar Ekonomi;Hakekat Belajar Mengajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 03:07 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14826 |