Nainggolan, Romauli Sri Rahayu (2016) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141126 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 7123141126 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
3. NIM. 7123141126 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4. NIM.7123141126 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 7123141126 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM. 7123141126 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7123141126 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7123141126 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7123141126 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
13. NIM. 7123141126 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
14. NIM 7123141126 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah perhatian orang tua, dan lingkungan sekolah memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2015/2016 baik itu secara parsial maupun simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam peneletian ini adalah menggunakan total sampling dimana seluruh jumlah populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi Product Moment, reabilitasnyaa dihitung dengan menggunakan rumus Croncbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F.
Variabel perhatian orang tua (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig < α yaitu 0,002<0,05. Sama halnya dengan varibel lingkungan sekolah (X2) yang hasilnya juga menyatakan bahwa ada pengaruh yag positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa deng sig < α yaitu, 0,031 < 0,05. Secara simultan pun variabel perhatian orang tua (X1) dan lingkungan sekolah (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel prestasi belajar (Y) ndengan nilai sig < α yaitu, 0,000 < 0,05. Prestasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh vaiabel- variabel bebas sebesar 0,467 atau 46,70 %.
Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel X1 (Perhatian Orang Tua), X2 (Lingkungan Sekolah) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (Prestasi Belajar) baik itu secara parsial maupun simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 069 |
Keywords: | Perhatian Orang Tua; Lingkungan Sekolah; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 03:01 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14825 |