PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUMBUL TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sitanggang, Esra P.H (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUMBUL TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123141040 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123141040 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123141040 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123141040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123141040 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123141040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123141040 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123141040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123141040 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123141040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123141040 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123141040 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123141040 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123141040 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123141040 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123141040 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123141040 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123141040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123141040 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123141040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123141040 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123141040 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui
hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar ekonomi yang
diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada kelas XI
IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sumbul yang beralamat di Jl.
Sisingamangaraja atas nomor 136 Kecamatan Sumbul, Kab. Dairi. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumbul Tahun
Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 92 orang siswa.
Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPS-2
dan kelas XI IPS-3 yang masing-masing berjumlah 30 orang yang diambil dengan
acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk
mengukur hasil belajar ekonomi berbentuk objektiv pilihan berganda. Tes
dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu tes di awal (pre-test) dan tes di akhir(post-test)
penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka tes diuji
coba terlebih dahulu sebanyak 25 soal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui
validias, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa
data, sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji
persyaratan analisis data. Dalam hal ini dihitung uji normalitas dan uji
homogenitas data.
Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing (yang pada
awalnya ̅ = 50,16 dan S = 9,42 menjadi ̅ = 84,5 dan S = 9,94) lebih tinggi dari
nilai hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional
(yang pada awalnya ̅ = 49,33 dan S = 9,25 menjadi ̅ = 63,66 dan S = 9,90).
Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan
95% pada = 0,05 dan dk (n+ ) - 2 diperoleh > (8,162 > 1,671),
maka ditolak diterima.
Kesimpulannya adalah hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model
pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi secara signifikan dibandingkan
hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran
konvensional pada Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul Tahun pembelajaran
2015/2016.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Metode Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 EKO 022
Keywords: Model Pembelajaran Snowball Throwing; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:48
Last Modified: 25 Aug 2016 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14822

Actions (login required)

View Item
View Item