Sitanggang, Esra P.H (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUMBUL TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141040 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 7123141040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
4. NIM. 7123141040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 7123141040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 7123141040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM. 7123141040 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7123141040 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7123141040 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7123141040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM. 7123141040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM. 7123141040 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui
hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar ekonomi yang
diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada kelas XI
IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sumbul yang beralamat di Jl.
Sisingamangaraja atas nomor 136 Kecamatan Sumbul, Kab. Dairi. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumbul Tahun
Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 92 orang siswa.
Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPS-2
dan kelas XI IPS-3 yang masing-masing berjumlah 30 orang yang diambil dengan
acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk
mengukur hasil belajar ekonomi berbentuk objektiv pilihan berganda. Tes
dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu tes di awal (pre-test) dan tes di akhir(post-test)
penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka tes diuji
coba terlebih dahulu sebanyak 25 soal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui
validias, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa
data, sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji
persyaratan analisis data. Dalam hal ini dihitung uji normalitas dan uji
homogenitas data.
Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing (yang pada
awalnya ̅ = 50,16 dan S = 9,42 menjadi ̅ = 84,5 dan S = 9,94) lebih tinggi dari
nilai hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional
(yang pada awalnya ̅ = 49,33 dan S = 9,25 menjadi ̅ = 63,66 dan S = 9,90).
Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan
95% pada = 0,05 dan dk (n+ ) - 2 diperoleh > (8,162 > 1,671),
maka ditolak diterima.
Kesimpulannya adalah hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model
pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi secara signifikan dibandingkan
hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran
konvensional pada Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul Tahun pembelajaran
2015/2016.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Metode Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 022 |
Keywords: | Model Pembelajaran Snowball Throwing; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Ekonomi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 02:48 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14822 |