Hutagalung, Lamtiarma (2016) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341061 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 7123341061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
4. NIM. 7123341061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
3. NIM. 7123341061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 7123341061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
6. NIM. 7123341061 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7123341061 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 7123341061 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7123341061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
13. NIM. 7123341061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 7123341061 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet dan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII
SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Siantar Narumonda. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 85 orang dan
sampel berjumlah 85 orang dengan menggunakan teknik total sampel. Instrument
yang digunakan untuk mengukur penggunaan internet dan motivasi belajar berupa
angket yang berjumlah 20 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen
(DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validatas tes diuji dengan
menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan
menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus
regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial
uji t dan secara simultan digunakan uji F.
Setelah uji validatas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masingmasing
variabel 20 instrument hasilnya keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji
reliabilitas angket diperoleh 0.837 > 0.2133 (r11 > rtabel) untuk penggunaan internet
dan 0.850 > 0.2133 (r11 > rtabel) untuk motivasi belajar. Hasil analisis regresi linear
berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 39.985 + 0.263 X1 + 0.311 X2.
Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh internet terhadap prestasi belajar
sebesar 10.494 (104.94%) dan ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi
belajar sebesar 10.580 (105.8%) dan untuk uji f diperoleh Fhitung sebesar 169.045
sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3,11 berarti Fhitung > Ftabel
(169.045 > 3,11 ) maka hipotesis H3 diterima atau ada pengaruh positif antara
penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi
belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 015 |
Keywords: | Internet Sebagai Media Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar IPS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 02:35 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14819 |