Nehe, Robert Larson (2016) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAS AL-WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7122141043_COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 7122141043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
4. NIM. 7122141043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM. 7122141043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 7122141043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM. 7122141043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 7122141043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 7122141043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 7122141043_BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13. NIM. 7122141043_BAB V.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
14. NIM. 7122141043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
perhatian orang tua dan intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi
siswa kelas XI IPS MAS Al-Washliyah 12 Perbaungan T.P. 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di MAS Al-Washliyah 12 Perbaungan pada
semester ganjil Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 69 orang. Dalam penelitian ini
digunakan teknik pengambilan sampel Total Samping sehingga keseluruhan
populasi menjadi sampel penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan
data adalah observasi, wawancara, dan angket atau kuesioner.
Hasil penelitian diperoleh model regresi linear berganda Y = 25,431 +
0,319X1 + 0,428X2 + e. Hal tersebut berarti apabila nilai X1 dan X2 adalah 0,
maka nilai Y adalah 25,431. Apabila terjadi kenaikan satu unit nilai X1 maka
terdapat peningkatan sebesar 0,319 terhadap Y dan apabila terjadi kenaikan satu
unit nilai X2 maka terdapat peningkatan sebesar 0,428 terhadap Y. Koefisien X1
dan X2 bernilai positif yang berarti ada pengaruh positif antara perhatian orang
tua dan intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Hasil penelitian
juga menunjukkan nilai R Square sebesar 87,30% yang berarti prestasi belajar
ekonomi dapat dijelaskan melalui variabel perhatian orang tua dan intensitas
belajar sebesar 87,30%. Sedangkan 12,70% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Secara parsial, terdapat pengaruh
signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi dengan
nilai > yaitu 4,881 > 1,668. Selain itu juga, terdapat pengaruh
signifikan antara intensitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai
> yaitu 6,366 > 1,668. Secara simultan, terdapat pengaruh signifikan
antara perhatian orang tua dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi
dengan nilai > yaitu 225,909 > 3,14.
Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua
dan intensitas belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAS Al-Washliyah 12 Perbaungan
T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 016 |
Keywords: | Perhatian Orang Tua; Intensitas Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 01:47 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14808 |