Nur, Fauziah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NURUL ISLAM INDONESIABARU MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7122141008 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7122141008 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (727kB) | Preview
3. NIM 7122141008 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 7122141008 PERFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM 7122141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. nim 7122141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. 7122141008 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7122141008 APPANDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7122141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
13. NIM 7122141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. NIM 7122141008 BIBLIOGRHAPY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Word Square dan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan T.P 2015\2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan yang beralamat di Jalan Megawati No 20B Medan, pada tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan yang berjumlah 52 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik total sampling dimana sampelnya terdiri dua kelas eksperimen yang masing – masing 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 30 soal dengan 5 pilihan jawaban.
Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisa data diperoleh nilai mean hasil belajar siswa kelas eksperimen1 (Word Square) 86,92 dengan standar deviasi 7,49 dan nilai mean kelas Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) 82,31 dengan standar deviasi 6,96. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan Dari data perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 2,364 dan ttabel = 1,597 Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,364 > 1,597 dengan kata lain Ha diterima dan H0 di tolak.
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan T.P.2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 056 |
Keywords: | Model Pembelajaran Word Square; Auditori; Visual; Intelektual (SAVI); Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 08:14 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14800 |