Andriani, Tika Ayu (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SMA NEGERI 1 BERASTAGI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 7122141044 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2 NIM 7122141044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
4 NIM 7122141044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3 NIM 7122141044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5 NIM 7122141044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
6 NIM 7122141044 TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7 NIM 7122141044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 NIM 7122141044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9 NIM 7122141044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
13 NIM 7122141044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14 NIM 7122141044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kepemimpinan kepala sekolah
dan komunikasi memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
disiplin kerja guru di SMA Negeri 1 Berastagi T.P 2015/2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan
kepala sekolah dan komunikasi secara parsial dan simultan terhadap disiplin kerja
guru di SMA Negeri 1 Berastagi T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini
adalaha seluruh guru di SMA Negeri 1 Berastagi yang berjumlah 76 orang.
sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 76 orang yang diambil dengan tehnik
pengambilan sampel total sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, studi dokumentasi, dan angket. Uji validitas angket menggunakan
rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus
Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah regresi berganda untuk menguji
penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel
kepemimpinan kepala sekolah (X1) termasuk dalam kategori rendah dengan
persentase deskriptif 67,10% dan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan
dimana thitung > ttabel yaitu 5,88 > 1,98 dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
Variabel Komunikasi Kepala sekolah (X2) termasuk dalam kategori rendah
dengan persentase deskriptif 59,21% dan memiliki pengaruh negatif dan
signifikan dimana thitung < ttabel yaitu -3,83 < 1,98 dengan signifikan 0,000 > 0,05.
Secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap Disiplin kerja guru. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung sebesar
58,320 > Ftabel 3,12. Hasil perhitungan menggunakan regresi linear berganda
didapat koefisien regresi Y = 37,486 + 1,650X1 –1,129 X2. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh
positif dan signifikan terhadap disiplin kerja guru. Komunikasi kepala sekolah
berpengaruh negatif dan signifkan terhadap disiplin kerja guru. Secara bersamasama
kepemimpinan kepala sekolah dan komunakasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Disiplin kerja guru di SMA Negeri 1 Berastagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 027 |
Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah; Komunikasi Kepala sekolah; dan Disiplin Kerja Guru. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 07:46 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14795 |