Lubis, Insan Daniel Oky (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141060 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 7123141060 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
4. NIM 7123141060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM 7123141060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
5. NIM 7123141060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM 7123141060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 7123141060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 7123141060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM 7123141060 BAB I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
13. NIM 7123141060 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM 7123141060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan T.A 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Medan yang berlokasi di Jalan Tilak No.108 Medan T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 233 orang siswa yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.4 sebagai kelas Eksperimen I yang berjumlah 38 orang dan X.5 sebagai kelas Eksperimen II yang berjumlah 38 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 butir soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil perhitungan tes hasil belajar dinyatakan dari 30 butir soal, 20 butir soal dinyatakan valid dan tes dinyatakan reliabel. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk (n1 + n2 – 2) pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05.
Hasil analisa data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test kelas Eksperimen I sebesar 46,32 dan SD = 14,78 dan nilai rata rata post test sebesar 76,32 dan SD = 12,45. Sedangkan nilai rata-rata pre test kelas Eksperimen II sebesar 51,05 dan SD = 15,82 dan nilai rata-rata post test sebesar 68,29 dan SD = 12,32 . Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,827 > 1,668), maka hipotesis diterima (Ha diterima).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 063 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together;Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 04:01 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14787 |