Yanti, Anjani Rahma (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 GALANG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341014 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 7123341014 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
4 NIM 7123341014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3 NIM 7123341014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5 NIM 7123341014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6 NIM 7123341014 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 NIM 7123341014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 7123341014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 NIM 7123341014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
13 NIM 7123341014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14 NIM 7123341014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based instruction dan pendekatan scientific lebih tinggi dari pada motivasi dan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional siswa kelas IX IPS SMA N 1 Galang T.A 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Galang jalan Mawar II Komp. Galinda Kec. Galang. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 74 siswa yang tersebar dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitan ini adalah total sampling. Yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing kelas terdiri dari 37 siswa. Alat pengumpulan data untuk mengukur motivasi belajar ekonomi menggunakan data angket motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi digunakan data tes (pretest dan postest) yang berjumlah 20 butir soal. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis digunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based instruction dengan pendekatan scientific lebih tinggi dan signifikan daripada motivasi dan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode konvensional. Dibuktikan pada motivasi belajar dengan hasil analisis dengan menggunakan uji t pada tingkat kepercayaan 95% (α=0,05) diperoleh bahwa thitung>ttabel (2,832>1,993) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,11 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 65,78. Pada hasil belajar diperoleh bahwa thitung>ttabel (3,341>1,993) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,11 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 68,92.
Disimpulkan bahwa Motivasi dan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Scientific lebih tinggi secara signifikan dibandingkan motivasi dan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode konvensional siswa kelas XI IPS SMA N 1 Galang T.A 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 047 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dengan Pendekatan Scientific; Motivasi Belajar;Hasil Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 03:23 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14777 |