Lubis, Andry Mukti (2016) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN NUR AZIZI TANJUNG MORAWA T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341012 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7123341012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
4. NIM 7123341012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
3. NIM 7123341012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
5. NIM 7123341012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
6. NIM 7123341012 TABLES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM 7123341012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 7123341012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7123341012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. NIM 7123341012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM 7123341012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh kemampuan
berpikir logis terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) apakah ada pengaruh motivasi berprestasi
terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) apakah ada pengaruh kemampuan berpikir logis dan
motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Yayasan
Pendidikan Nur Azizi Tanjung Morawa T.A. 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh kemampuan berpikir logis dan motivasi berprestasi terhadap prestasi
belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Nur Azizi Tanjung Morawa
T.A. 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Yayasan Pendidikan Nur Azizi, Jalan
Pahlawan Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang, dengan populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas X yang berjumlah 170 orang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian
ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan menggunakan 25% dari
jumlah populasi yaitu sebanyak 42 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan
data ialah dokumentasi, wawancara, dan tes/kuisioner. Tes/kuisioner digunakan untuk
mengumpulkan data kemampuan berpikir logis dan motivasi berprestasi. Dokumentasi
digunakan untuk mengumpulkan data nilai siswa pada mata pelajaran ekonomi semester
genap. Sebelum penelitian dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas
angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda,
uji hipotesis dilakukan dengan uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F).
Teknik analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 20 diperoleh persamaan
garis linear Y = 37.205 + 0,333X1 + 0,236X2. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)
terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan berpikir logis terhadap prestasi
belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (3,051) > ttabel (1,683). 2) terdapat pengaruh
positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi,
dibuktikan dengan nilai thitung (2,177) > ttabel ( 1,683). 3) terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara kemampuan berpikir logis dan motivasi berprestasi secara bersama-sama
terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai Fhitung (207,273) > Ftabel (3,24).
Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang
diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar yaitu sebesar 0,914 yang
artinya sebesar 91,4% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh kemampuan berpikir logis
(X1) dan motivasi berprestasi (X2).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
kemampuan berpikir logis dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa
kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Nur Azizi Tanjung Morawa T.A. 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 023 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Logis; Motivasi Berprestasi;Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 08:35 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14768 |