Putri,, Swara Kasih Kartini (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KISARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341113 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 7123341113 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
4. NIM 7123341113 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3. NIM 7123341113 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM 7123341113 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM 7123341113 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM 7123341113 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM 7123341113 BAB I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
12. NIM 7123341113 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
13. NIM 7123341113 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan
antara penerapan model pembelajaran ARIAS dengan model pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar, (2) perbedaan antara motivasi belajar siswa
yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan siswa yang
menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar, dan (3)
pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS dan motivasi belajar terhadap
hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kisaran tahun pelajaran
2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kisaran pada semester genap
tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP Negeri 6 Kisaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen
dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket dan tes. Uji hipotesis menggunakan independent-samples t test dan analisis
varians dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang
signifikan antara penerapan model pembelajaran ARIAS dengan model
pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar (thitung = 5,297 > ttabel = 1,666),
(2) terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan siswa yang menggunakan
model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar (thitung = 4,530 > ttabel =
1,666), dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model
pembelajaran ARIAS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas
VII SMP Negeri 6 Kisaran tahun pelajaran 2015/2016 (Fhitung = 16,425 > Ftabel =
3,97).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 022 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran ARIAS; Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 03:05 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14739 |