PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KESIAPAN GURU EKONOMI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SE-KOTA MEDAN

Sinuhaji, Arihta Esterya (2016) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KESIAPAN GURU EKONOMI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SE-KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 7123141015 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 7123141015 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 7123141015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 7123141015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 7123141015 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 7123141015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (712kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 7123141015 Kata Penghantar.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 7123141015 Kata Penghantar.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 7123141015 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 7123141015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 7123141015 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 7123141015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 7123141015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 7123141015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 7123141015 BAB I.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 7123141015 BAB I.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[thumbnail of 12 NIM. 7123141015 BAB V.pdf]
Preview
Text
12 NIM. 7123141015 BAB V.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 7123141015 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 7123141015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi
Pedagogik dan Kompetensi Profesional Terhadap Kesiapan Guru Ekonomi dalam
Implementasi Kurikulum 2013 di SMA se-Kota Medan. Penelitian ini
dilaksanakan di sekolah-sekolah yang ada di Kota Medan. Dengan mengambil
sampel Guru sebanyak 35 orang dan instrument yang digunakan untuk mengukur
Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional berupa hasil UKG guru dan
untuk mengukur Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 berupa
angket”dengan jumlah angket 20 soal yang valid. Reliabilitas tes uji dengan
menggunkan alpha cronbach dengan hasil untuk Kesiapan Guru Ekonomi
terhadap Kesiapan Guru Ekonomi dalam Implmentasi Kurikulum 2013. Sebesar
> (0,821 > 0,344).
Untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi
Profesional terhadap Kesiapan Guru Ekonomi dalam Implementasi Kurikulum
2013 digunakan rumus regresi linier berganda, dan persamaan regresi yang
diperoleh Y = - 0,007 + 0,375 + 0,665 . Teknik Analisis dat yang digunakan
adalah dengan uji t pada taraf signifikan alpha 5%, dengan hasil yang diperoleh
Kompetensi Pedagogik terhadap Kesiapan Guru Ekonomi dalam Implementasi
Kuirkulum 2013 berpengaruh signifikan dimana > (2,512 > 1,692).
Dan Kompetensi Profesional terhadap Kesiapan Guru Ekonomi dalam
Implementasi Kurikulum 2013 berpengaruh signifikan dimana >
(4,069 > 1,692). Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel
Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional berpengaruh signifikan
terhadap Kesiapan Guru Ekonomi dalam Implementasi Kurikulum 2013, dengan
nilai > (934.940 > 3,29). Dan diperoleh koefisien determinasi (R2)
Sebesar 0,999 atau 99,9% kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013
dipengaruhi oleh kompetensi pedagogic dan kompetensi professional.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kompetensi Pedagogik
dan Kompetensi Profesional terhadap Kesiapan Guru dalam Implementasi
Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 NIAGA 025
Keywords: Kompetensi Pedagogik;; Kompetensi Profesional; Kesiapan Guru;Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:52
Last Modified: 23 Aug 2016 02:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14735

Actions (login required)

View Item
View Item