Ginting, Florensy (2016) PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN KELAS X IIS SMA RK DELI MURNI BANDAR BARU TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141050 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM 7123141050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. NIM 7123141050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 7123141050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM 7123141050 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM 7123141050 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 7123141050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7123141050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM 7123141050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. NIM 7123141050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
14. NIM 7123141050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin dan lingkungan belajar
terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X IIS
SMA Deli Murni Bandar Baru Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Deli Murni Bandar Baru. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS yang berjumlah 71 orang
dan sampel berjumlah 71 orang yang diperoleh melalui teknik sistematik Total
Sampling. Instrument yang digunakan untuk mengukur disiplin dan lingkungan
belajar berupa angket yang berjumlah 20 soal untuk masing-masing variabel dan
studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validatas tes diuji
dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan
menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus
regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial
uji t dan secara simultan digunakan uji F.
Setelah uji validatas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masingmasing
variabel 25 instrument hasilnya 5 tidak valid dan 20 valid. Dan untuk hasil
uji reliabilitas angket diperoleh 0,884 > 0,233 (r11 > rtabel) untuk penggunaan
disiplin belajar dan 0,862 > 0,233 (r11 > rtabel) untuk lingkungan belajar. Hasil
analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 41,043 +
0,230 X1 + 0,208 X2 . Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh disiplin
belajar terhadap prestasi belajar sebesar 3,514 (35,14%) dan ada pengaruh
lingkungan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 3,153 (31,53%) dan untuk uji
f diperoleh Fhitung sebesar 21,532 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar
3,13 berarti Fhitung > Ftabel ( 21,532 > 3,13 ) maka hipotesis Ha3 diterima atau ada
pengaruh positif antara disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi
belajar kewirausahaan siswa kelas X IIS di SMA Deli Murni Bandar Baru Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 020 |
Keywords: | Disiplin; Lingkungan Belajar; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 02:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14734 |