Tamba, Riny Asima (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIEMPATNEMPU TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7122141027 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 7122141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
3. NIM. 7122141027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
4. NIM. 7122141027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM. 7122141027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM. 7122141027 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7122141027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7122141027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
12. NIM. 7122141027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM. 7122141027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah persepsi siswa tentang
pengelolaan kelas dan kreativitas guru berpengaruh terhadap prestasi belajar
ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Siempatnempu. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang
pengelolaan kelas dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa
kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siempatnempu T.A 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 1 Siempatnempu dengan jumlah siswa 74 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu
Kelas XI IPS 1(36 siswa) dan XI IPS 2 (38 siswa). Sampel dalam penelitian ini
adalah 74 siswa. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total
sampling.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner
kepada responden untuk variabel persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan
kreativitas guru. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar
ekonomi. Variabel persepsi siswa tentang pengelolaan kelas, terdapat 25 butir soal
valid, sedangkan kreativitas guru terdapat sebanyak 21 butir soal valid.
Teknik analisa data menggunakan analisis regresi berganda dengan
bantuan program SPSS 20. Berdasarkan analisis deskriptif persentase
menunjukkan bahwa Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas dan Kreativitas
Guru terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa adalah Kurang. Hasil analisa
regresi diperoleh persamaan regresi Y = Y = 0,709 + 0,744X1 + 0,299 X2.
. Hasil dari pengujian secara parsial dengan teknik analisis uji t diperoleh
hasil bahwa Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas Guru terhadap Prestasi
Belajar Ekonomi Siswa yaitu (11,536 > 1,666), Persepsi Siswa tentang Kreativitas
Guru yaitu (2,848 > 1,666) . Untuk menguji koefisien secara keseluruhan
digunakan uji Fhitung, yang memberikan hasil bahwa ada pengaruh positif dan
signifikan antara Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas dan Kreativitas Guru
terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1
Siempatnempu T.P 2015/2016. dengan nilai Fhitung>Ftabel (73,941 > 3,12).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat
diterima yaitu ada pengaruh positif dan signifikan antara Persepsi Siswa tentang
Pengelolaan Kelas dan Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa
Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Siempatnempu T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 029 |
Keywords: | Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas; Kreativitas Guru; Prestasi Belajar Ekonomi Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 08:41 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14719 |