Brahmana, Onie Yolanda (2016) PENGARUH REINFORCEMENT DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TIGABINANGA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.PDF - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. BAB I.PDF - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. BAB V.PDF - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang rendah,
sehingga siswa merasa bosan dan kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reinforcement dan variasi mengajar
terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigabinanga T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigabinanga. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 143
orang. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 70 orang siswa. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan
berupa angket. Validitas diuji dengan menggunakan Korelasi Product Moment, untuk
reliabilitas diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach, sedangkan untuk hipotesis diuji
dengan menggunakan uji t dan uji f, besarnya hubungan antara variabel bebas (X) terhadap
variabel terikat (Y) digunakan dengan rumus Analisis Regresi Linear Berganda dan
Determinasi.
Hasil persamaan liner berganda yaitu Y’ = 18,690 + 0,646X1 + 0,139X2. Dari
perhitungan antara variabel reinforcement (X1) dan variasi mengajar (X2) terhadap motivasi
belajar (Y) diperoleh Fhitung sebesar 26,438 dan besarnya Ftabel dengan taraf signifikansi 0,05
adalah 3,13 sehingga Fhitung = 26,438 > Ftabel dengan tingkat sig < α yaitu 0,000 < 0,05. Hal
ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hipotesis yang
berbunyi “Reinforcement dan variasi mengajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigabinanga T.P 2015/2016”
dapat diterima. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi didapatkan nilai R Square
sebesar 44,1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 012 |
Keywords: | Reinforcement; Variasi Mengajar;Motivasi Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 07:07 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14712 |