Pasaribu, Jojor Delima (2016) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 7123341054 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2.NIM 7123341054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
4.NIM 7123341054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3.NIM 7123341054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5.NIM 7123341054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6.NIM 7123341054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7.NIM 7123341054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8.NIM 7123341054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9.NIM 7123341054 BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
13.NIM 7123341054 BAB V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
14.NIM 7123341054 Pustaka.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan kemandirian
belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa, 2) Hubungan kecerdasan logis
matematis dengan prestasi belajar ekonomi siswa, 3) Hubungan kemandirian
belajar dan kecerdasan logis matematis dengan prestasi belajar ekonomi siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Laguboti pada semester
genap Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti yaitu 137 siswa dan sampel sebanyak
62 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random
sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,
kuesioner dan tes. Teknik analisis data mengggunakan korelasi Product
Momentdan korelasi berganda, dan analisis hipotesis menggunakan uji-t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat hubungan positif dan
signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa
dengan nilai thitung=7,760 dan dk = 62-1-1=60, ttabel = 1,67065 pada taraf signifikan
95% (α=0,05) sehingga thitung> ttabel (7,760 > 1,67065), 2) terdapat hubungan
positif dan signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan prestasi belajar
ekonomi siswa dengan nilaithitung> ttabel(8,400 > 1,67065), 3) terdapat hubungan
yang positif dan signifikan secara simultan antara kemandirian belajar dan
kecerdasan logis matematis dengan prestasi belajar ekonomi siswa, nilai Fhitung =
36,738 dan Ftabel pada taraf signifikan 95% (α=0,05) dan dk = 62 – 2 – 1 = 59
yaitu 3,15. Nilai Fhitung > Ftabel (36,738 > 3,15) dan nilai Signifikan α = 0,000 <
α=0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 015 |
Keywords: | Kemandirian Belajar; Kecerdasan Logis Matematis; Prestasi Belajar Ekonomi Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 07:02 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14711 |