Simamora, Mesak Tahan (2016) PENGARUH BELAJAR MANDIRI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141089 COVER.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
2. NIM 7123141089 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
3. NIM 7123141089 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. NIM 7123141089 PREFACE.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM 7123141089 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM 7123141089 TABLE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM 7123141089 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 7123141089 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 7123141089 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM 7123141089 CAHPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM 7123141089 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Belajar Mandiri dan Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Batang Kuis dengan populasi sebanyak 146 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 58 siswa dengan teknik random sampling dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner.
Dimana penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, yang hasilnya memiliki pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar diperoleh Y = 41,206 + 0,212X1 + 0,296X2. Hasil pengujian hipotesis pada belajar mandiri diperoleh thitung sebesar 2,186 sedangkan ttabel = 1,672 pada taraf signifikan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian thitung > ttabel atau 2,186 > 1,672 sehingga hipotesis diterima. Sedangkan Hasil pengujian hipotesis pada status sosial ekonomi keluarga diperoleh thitung sebesar 2,092 sedangkan ttabel = 1,672. Dengan demikian thitung > ttabel atau 2,186 > 1,672 sehingga hipotesis diterima. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan belajar mandiri dan status sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel atau 8,381 > 3,16.
Koefisien determinasi diperoleh 0,234 yang menjelaskan pengaruh variabel keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 23,4%.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh belajar mandiri dan status sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 049 |
Keywords: | Belajar Mandiri; Status Sosial Ekonomi Keluarga; Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 06:35 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14707 |