Samosir, Desri Mariani (2016) PENGARUH MINAT BACA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7123141028 JUDUL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2 NIM. 7123141028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3 NIM. 7123141028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4 NIM. 7123141028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5 NIM. 7123141028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6 NIM. 7123141028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 NIM. 7123141028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8 NIM. 7123141028 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9 NIM. 7123141028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10 NIM. 7123141028 BAB I.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
14 NIM. 7123141028 BAB V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
15 NIM. 7123141028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas
XI IPS SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Pengaruh minat baca
terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidikalang, 2.
Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS
SMA Negeri 2 Sidikalang, 3. Pengaruh minat baca dan kemampuan berpikir kritis
terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidikalang. Populasi
dalam penelitian ini adalah sejumlah 141 orang dan sampel sebanyak 70 orang
yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis
data digunakan dengan rumus regresi linera berganda, untuk uji hipotesis
digunakan rumus parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-f). Dan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y digunakan uji koefisien
determinasi (uji R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan
signifikan minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2
Sidikalang dengan nilai thitung > ttabel (3,508>1,667) dan taraf signifikan penelitian
< dari signifikan α 0,05 yaitu (0,01 ≤ 0,05). 2) Ada pengaruh kemampuan berpikir
kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidikalang
Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan nilai thitung > ttabel (3,223>1,667) dan taraf
signifikan penelitian < dari signifikan α 0,05 yaitu (0,02 ≤ 0,05). 3) Ada pengaruh
positif dan signifikan minat baca dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi
belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidikalang dengan fhitung > ftabel (21,015
> 3,98) dan taraf signifikan penelitian < dari signifikan α 0,05 (0,02 ≤ 0,05).
Untuk uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,385 (38,5%) sehingga dapat
dikatakan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 38,5%
dan lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara minat baca dan
kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 2 Sidikalang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 056 |
Keywords: | Minat Baca; Kemampuan Berpikir Kritis; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 06:31 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14706 |