Simanullang, Yessi Christina (2016) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SIDAMANIK T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141161 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 7123141161 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
3. NIM 7123141161 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 7123141161 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM 7123141161 TABLE OF COUNTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 7123141161 TABLE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 7123141161 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7123141161 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7123141161 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
13. NIM 7123141161 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
14. NIM 7123141161 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya (peer group) yang kurang baik yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya (peer group) dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sidamanik T.A 2015/2016
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sidamanik dengan jumlah siswa 110 siswa. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional sampling, dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan simple random sampling. Yang artinya peneliti menetapkan masing-masing unit diwakili oleh 50% sehingga didapatlah jumlah sampel sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Untuk angket variabel status sosial ekonomi orang tua, terdapat sebanyak 25 butir soal, sedangkan untuk angket lingkungan teman sebaya (peer group) terdapat sebanyak 20 butir soal. Kuesioner kedua variabel dinyatakan reliable dengan alpha Cronbach 0,735 untuk variabel status sosial ekonomi orang tua dan 0,796 untuk variabel lingkungan teman sebaya (peer group). Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, linearitas, korelasi product moment, korelasi ganda, koefisien determinasi dan untuk menguji hipotesis digunakan uji T, uji ini dilakukan untuk mengukur hubungan secara parsial, sedangkan untuk mengukur hubungan secara simultan digunakan uji F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien determinasi, R Square sebesar 0,43 atau 43%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosisal ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan teman sebaya (peer group) terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antaran status sosisal ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya (peer group) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 055 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua; Lingkungan Teman Sebaya (Peer Group);Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HM Sociology > HM706 Social structure L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 05:15 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14702 |