Sembiring, Genesis (2015) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X PIS SMA N 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113141036 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7113141036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
7113141036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
7113141036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7113141036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
7113141036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7113141036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7113141036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7113141036 BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
7113141036 BAB V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7113141036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X PIS di SMA N 1 Berastagi Tahun Ajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Berastagi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X PIS yang berjumlah 127 orang dan sampel berjumlah 32 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur minat belajar dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 15 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validatas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji F.Setelah uji validatas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masing-masing variabel 15 instrument hasilnya kesulurannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,758 > 0,3494 (r11 > rtabel) untuk penggunaan minat belajar dan 0,740 > 0,3494 (r11 > rtabel) untuk motivasi belajar. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 58,461 + 0,188 X1 + 0.156 X2 . Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 3,26 (32,6%) dan ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 3,388 (33,88%) dan untuk uji f diperoleh Fhitung sebesar 60,695 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3,32 berarti Fhitung > Ftabel ( 60,695 > 3,32 ) maka hipotesis Ha3 diterima atau ada pengaruh positif antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X PIS di SMA N 1 Berastagi Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 090 |
Keywords: | Minat Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14694 |